JUAL UANG MAHAR SLI DAN MURAH

JUAL ANEKA DOKUMEN DAN BARANG JADUL

Senin, 23 Januari 2012

UANG GUNTING SJAFRUDDIN

PENDAHULUAN

Pemerintahan RIS baru saja berdiri, tetapi jumlah uang yang beredar sudah mencapai angka 3,9 milyar rupiah. Jumlah tersebut dianggap berlebihan karena pemerintah mentargetkan uang beredar hanya sekitar 2,5 milyar rupiah atau sekitar 6 kali lipat dari posisi tahun 1938. Oleh karena itu pemerintah RIS harus mengambil tindakan mengurangi jumlah uang beredar sampai setengah dari jumlah yang ada.

Karena pada waktu itu pemerintah belum mampu mencari sumber pembiayaan dari pasar, maka menteri keuangan Mr. Sjafruddin Prawiranegara memilih tindakan pembersihan uang yang drastis, dengan sekali pukul menghasilkan dua keuntungan :
1. Langsung mengurangi jumlah uang beredar
2. Menghasilkan pinjaman sekitar 1,5 milyar rupiah

Tindakan pembersihan uang yang berdasarkan Surat Keputusan Menteri Keuangan No. PU/1 pada tanggal 19 Maret 1950 ini dikenal sebagai Gunting Sjafruddin (Safruddin cut), karena dilakukan dengan cara menggunting uang menjadi 2 bagian.

Uang kertas yang terkena gunting adalah pecahan 5 gulden ke atas yang pada waktu itu masih dipergunakan oleh masyarakat, sedangkan uang Jepang (JIM), ORI dan ORIDA tidak terkena aturan tersebut. Mari kita lihat jenis2 uang yang terkena gunting Sjafruddin yaitu :

1. Semua pecahan seri JP Coen, mulai dari 5 gulden sampai dengan 1000 gulden
2. Semua pecahan seri wayang mulai dari 5 gulden sampai dengan 1000 gulden
3. Seri NICA pecahan 5 sampai dengan 500 gulden
4. Seri Federal 1946 pecahan 5 violet, 10 hijau dan 25 merah

Uang-uang kertas yang digunting dibedakan menjadi 2 bagian yaitu kiri dan kanan.

Bagian KIRI :

Tetap berlaku sebagai alat pembayaran yang sah dengan nilai setengah dari nilai semula. Dalam jangka waktu yang telah ditentukan (22 Maret sd 16 April 1950), bagian kiri uang dapat ditukar dengan uang baru yang diterbitkan oleh De Javasche Bank berupa pecahan 1/2, 1 dan 2,5 gulden. Ketiga pecahan baru tersebut dikenal sebagai seri Federal III tahun 1948. Sebelumnya pecahan di bawah 5 gulden bukan diterbitkan oleh DJB melainkan oleh pemerintah Hindia Belanda (seri munbiljet).

Bagian KANAN :

Bagian ini dapat ditukarkan dengan obligasi pemerintah senilai 1/2 dari harga uang semula. Obligasi ini berjangka waktu 40 tahun dengan bunga 3% pertahun. Walaupun dapat ditukarkan, tetapi masyarakat pada waktu itu banyak yang masih belum mengerti sehingga bagian kanan uang hanya disimpan di bawah bantal. Hal inilah yang menyebabkan mengapa banyak bagian kanan yang masih tersisa sampai saat ini.

( Sumber : www.uang-kuno.com, asuhan dr. Arifin, Jakarta )

PENAWARAN UANG HASIL GUNTING SJAFRUDDIN ( UANG SANEERING ) :Berikut kami mencoba untuk menawarkan kepada Anda beberapa Uang hasil " Gunting Sjafruddin" yang merupakan koleksi saya pribadi dengan harga yang tentunya "Harga Bersaing" dan Harga yang Pantas, Murah, dan Terpercaya.


10 Gulden seri NICA Tahun 1943



Kondisi : aUNC, Kertas masih bagus sekali, kaku, dijamin bukan Cuci/Press.

Harga : Rp.85.000,-

=================================================================

50 Gulden seri NICA Tahun 1943



Kondisi : aUNC, Kertas ada yang terkena sedikit karat, Kertas pada bagian tepi bawah berlubang, Kertas masih kaku dan Masih asli, bukan Cuci/Press.

Harga : Rp.105.000,-

=================================================================

5 Gulden seri WAYANG Tahun 1939 ( 1 )



Kondisi : aUNC, Kertas Bagus sekali, Masih kaku, Ujung2 masih lancip ( ada 1 ujung yg bekas terlipat tipis sekali, Bukan Cuci/Press

Harga : Rp.45.000,-

===================================================================

5 Gulden seri WAYANG Tahun 1939 ( 2 )



Kondisi : XF, Kertas masih bagus dan kaku, Ujung2 sebenarnya masih bagus namun sudah tidak lancip lagi, kertas bersih, Bukan Cusi/Press

Harga : Rp.35.000,-

===================================================================

 10 Gulden seri WAYANG Tahun 1938



 Kondisi : VF++, kertas lumayan kaku, tidak sobek, tidak bolong, sudut masih lumayan lancip.

 Harga : Rp.35.000,-

 ===================================================================

 10 Gulden ( Hijau ) seri FEDERAL I Tahun 1946 ( 2 lembar )















 Kondisi : VF, kertas agak lemas dikit, tidak sobek, tidak bolong, sudut masih lumayan lancip.

 Harga : Rp.45.000,- ( utk 2 lembar )










Tidak ada komentar:

Posting Komentar